Mengenal Dampak Negatif Masuknya Wisatawan Asing Ke Indonesia


Dampak masuknya budaya asing ke indonesia
Dampak masuknya budaya asing ke indonesia from id.scribd.com

Mengenal Dampak Negatif Masuknya Wisatawan Asing ke Indonesia

Kini Indonesia sedang mengalami kemajuan dalam bidang pariwisata. Salah satu kontribusinya adalah masuknya wisatawan asing ke negeri ini. Memang, banyak keuntungan yang didapatkan dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia. Namun, tak luput dari dampak negatifnya. Berikut ini adalah dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia.

1. Menurunkan Nilai Budaya Lokal

Ketika wisatawan asing datang ke Indonesia, mereka akan membawa budaya asalnya. Tak jarang, mereka juga akan mempengaruhi budaya setempat. Hal ini dapat memengaruhi nilai-nilai budaya lokal, sehingga nilai-nilai tradisional pun akan berkurang. Bahkan, bisa jadi budaya lokal pun akan hilang dalam waktu yang cukup lama.

2. Konflik Antar Budaya

Ketika wisatawan asing datang ke Indonesia, mereka akan membawa budaya asalnya. Jika budaya asalnya berbeda dengan budaya setempat, maka akan muncul konflik antar budaya. Konflik tersebut dapat berakibat pada munculnya berbagai masalah dalam masyarakat, seperti perselisihan antar warga, kerusuhan, hingga bencana lainnya.

3. Menaikkan Harga Barang dan Jasa

Karena banyaknya wisatawan asing yang datang ke Indonesia, harga barang dan jasa pun akan ikut meningkat. Hal ini disebabkan oleh permintaan pasar yang semakin tinggi, sehingga harga barang dan jasa pun ikut naik. Ketika harga barang dan jasa naik, maka dengan sendirinya masyarakat lokal pun akan menderita karena tidak mampu membayar harga yang semakin mahal.

4. Meningkatnya Pemakaian Bahasa Asing

Selain memengaruhi nilai-nilai budaya lokal, masuknya wisatawan asing juga akan memengaruhi bahasa setempat. Banyak orang yang akan menggunakan bahasa asing untuk berbicara, seperti bahasa Inggris. Hal ini akan menyebabkan bahasa setempat pun semakin kalah populer. Bahkan, bisa jadi bahasa asing pun akan lebih populer daripada bahasa setempat.

5. Pemborosan

Ketika wisatawan asing datang ke Indonesia, mereka akan membawa uang asing untuk menikmati objek wisata. Hal ini akan menyebabkan mereka berbelanja dengan boros. Selain itu, banyak wisatawan asing yang juga akan membeli barang-barang di luar kebutuhan, sehingga pemborosan pun akan semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk pada masyarakat lokal.

6. Peningkatan Tarif Hotel dan Akomodasi

Ketika banyak wisatawan asing datang ke Indonesia, maka harga hotel dan akomodasi pun akan ikut meningkat. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan akan hotel dan akomodasi. Akibatnya, harga hotel dan akomodasi pun akan semakin mahal, sehingga masyarakat lokal pun tidak akan mampu membayar harga yang semakin tinggi.

7. Menurunkan Kesempatan Kerja

Selain meningkatkan harga barang dan jasa, masuknya wisatawan asing ke Indonesia juga akan menurunkan kesempatan kerja bagi masyarakat lokal. Hal ini disebabkan oleh banyaknya wisatawan asing yang datang ke Indonesia, sehingga masyarakat lokal pun akan kalah bersaing dalam hal peluang kerja. Akibatnya, banyak masyarakat lokal yang akan mengalami masalah ekonomi.

8. Terjadinya Penipuan

Ketika wisatawan asing datang ke Indonesia, maka akan banyak penipuan yang terjadi. Penipuan tersebut bisa berupa penipuan jual beli, penipuan akomodasi, penipuan transportasi, hingga penipuan lainnya. Hal ini tentu saja akan merugikan wisatawan asing, sehingga mereka akan mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke Indonesia.

9. Kebisingan

Banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia membawa alat transportasi bermesin. Hal ini tentu saja akan menyebabkan kebisingan yang cukup mengganggu. Akibatnya, masyarakat lokal pun akan kesulitan untuk menikmati suasana yang tenang di tempat wisata.

10. Kekotoran dan Limbah

Ketika wisatawan asing datang ke Indonesia, maka akan banyak sampah yang dihasilkan. Sampah yang dihasilkan tersebut akan menimbulkan kekotoran di sekitar tempat wisata. Akibatnya, lingkungan pun akan menjadi kurang sehat dan masyarakat pun akan kesulitan untuk menikmati keindahan alam.

Itulah dampak negatif yang ditimbulkan oleh masuknya wisatawan asing ke Indonesia. Hal ini tentu saja perlu diwaspadai agar tidak berdampak buruk bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, pemerintah pun harus bisa mengatur kemasukan wisatawan asing dengan baik, serta mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.


Post a Comment

Previous Post Next Post